Rabu, 17 Februari 2016

Tips Mencari Lokasi Usaha Angkringan yang Baik

Lokasi menjadi syarat mutlak untuk membuka usaha dalam bidang apapun. Lokasi yang baik akan menentukan maju atau tidaknya usaha yang dijalani. Dalam post ini, kami akan memberikan tips sederhana untuk membuka usaha dalam kaitannya dengan usaha angkringan.
Mudah terlihat
Tips yang pertama dalam hal memilih lokasi usaha yang strategis adalah dengan mencari tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Orang tidak perlu mencari ke gang-gang atau jalan yang sempit untuk datang ke angkringan Anda.
Jika memang lokasi sedikit tersembunyi, maka akan lebih baik jika pada jalan utama atau tempat banyak berlalu lalang diberi penanda arah menuju angkringan Anda.
Lalu Lintas
Tips selanjutnya dengan memilih arus lalu lalang orang atau kendaraan. Lokasi di pinggir jalan tidak selamanya menjanjikan usaha Anda berjalan lancar. Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti: Arus lalu lintas ramai atau tidak, jalan raya satu arah atau tidak, banyak pejalan kaki atau tidak, dan berbagai hal kecil yang bisa mempengaruhi kelancaran usaha Anda.
Dekat dengan target pasar
Siapa target pasar angkringan Anda? Anda harus memperhatikan baik-baik soal ini. Target pasar sangat mempengaruhi hasil penjualan Anda. Sebagai contoh: Jika Anda ingin menjual makanan Anda untuk buruh pabrik, berarti lokasi Anda harus dekat dengan akses keluar masuk pekerja pabrik.
Hindari anggapan seperti ini "konsumen yang harus mendekati Anda". Jika anggapan Anda seperti itu maka anggapan Anda itu terbalik. Seharusnya menjadi seperti ini "Anda harus mendekati konsumen sedekat mungkin".
Akses
Akses menuju angkringan Anda pun harus mudah dan konsumen tidak disulitkan dengan misalnya : putar balik, parkir yang jauh, dll. Akan jauh lebih baik jika Anda dapat menyediakan lahan untuk parkir kendaraan pengunjung Anda.
Biaya Sewa
Suatu lokasi tempat usaha yang strategis biasanya mempunyai harga sewa yang tinggi, nah cara yang selanjutnya dalam memilih lokasi usaha yang strategis ini adalah dengan memperhatikan biaya sewanya.
Biarkan saja harga mahal namun akan membuat usaha Anda maju, dibandingkan dengan yang murah namun usahanya gagal. Toh biaya yang akan Anda keluarkan nantinya perlahan-lahan akan tergantikan dengan keuntungan yang Anda peroleh tiap bulannya.
Legalitas
Legalitas menjadi sangat membahayakan usaha Anda jika kondisinya tidak beres. Pastikan tempat usaha Anda mendapat ijin dari warga sekitar, sehingga usaha Anda diterima dengan baik oleh warga sekitar. Faktor keamanan pun menjadi masalah jika Anda tidak memiliki ijin.
Lingkungan sekitar
Perhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat usaha Anda. Angkringan adalah usaha kuliner, sehingga Anda pun tidak bisa sembarangan memilih lokasi. Sebisa mungkin jauhi lingkungan yang berdebu, jika debu tidak bisa dihindari dari lokasi Anda, maka Anda harus berusaha memberi tutup atau penangkal debu supaya makanan yang Anda jual senantiasa bersih.

Demikian tips untuk mencari lokasi usaha yang baik. Semoga tips diatas berguna bagi Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.